Top Ten Blogging Lessons I’m Thankful I’ve Learned

Tema Top Ten Tuesday minggu ini adalah Thanksgiving, jadi saya pikir saya akan melakukan sesuatu yang sedikit berbeda dan fokus pada sisi blogging daripada hanya buku. Saya baru menjadi book-blogger selama hampir tiga bulan jadi saya masih pemula, tetapi berikut adalah sepuluh pelajaran yang saya syukuri telah saya pelajari! 🙂

Beberapa klarifikasi sebelum kita lanjut:

Saya telah dibayar (dan sedang dibayar!) oleh perusahaan untuk menulis, mengedit, menerbitkan, dan memasarkan blog mereka, jadi saya benar-benar memiliki tingkat pengalaman dalam blogging.

Top Ten Blogging Lessons I’m Thankful I’ve Learned

Daftar ini dipengaruhi oleh apa yang saya pelajari secara profesional dan diketahui berhasil, dan bahasa saya kadang-kadang bersifat korporat.

Jadwal teratur namun bervariasi membantu.

Buatlah jadwal posting dan cobalah untuk mematuhinya, tetapi tetaplah fleksibel.

Jangan hanya memposting ulasan buku dan menganggapnya selesai; cobalah sertakan hal-hal lain juga agar blog Anda tidak monoton. Secara pribadi, saya menemukan bahwa meme mingguan saya, posting diskusi, dan tag buku lebih "sukses" daripada ulasan buku biasa.

Bukan hanya tentang angka-angka.

Saya mengelola media sosial untuk pekerjaan, dan biarkan saya memberi tahu Anda hal ini secara langsung: angka-angka memiliki kekuatan untuk membuat Anda gila. Hampir setiap hari saya harus melihat statistik dan mencari tahu apa yang berhasil, apa yang tidak berhasil, dan mengapa, dan sangat mudah untuk tiba-tiba percaya bahwa nilai Anda berdasarkan itu.

Saya di sini untuk memberi tahu Anda bahwa bukan seperti itu. Setidaknya seharusnya tidak seperti itu.

Angka-angka mungkin penting, tetapi saya berpendapat bahwa keterlibatan lebih penting. Kunjungan hanyalah itu—kunjungan. Apa gunanya orang mengunjungi blog Anda jika mereka sebenarnya tidak membaca atau berinteraksi dengan konten Anda? Dan berbicara tentang konten...

Menulis yang baik itu baik—dan bisa dibagikan juga!

Anda tidak perlu menjadi penutur asli bahasa Inggris (saya juga tidak), tetapi Anda harus setidaknya mencoba jika Anda ingin blog Anda dianggap berkualitas tinggi.

Dengan ini saya maksud gunakan tata bahasa dan tanda baca yang tepat. Tidak ada yang membuat saya merasa jengkel secepat itu seperti blog yang jelas-jelas tidak repot-repot memeriksa ejaan atau mengkapitalisasi huruf 'i' saat perlu, kecuali jika itu jelas merupakan pilihan gaya.

Anda bahkan tidak perlu melakukan semuanya dengan benar pada percobaan pertama, karena Anda selalu dapat kembali dan mengedit postingan Anda.

Selain itu, ketika Anda menghasilkan konten yang baik, pengikut Anda lebih cenderung membagikannya kepada pengikut mereka. Menulis yang baik juga memberikan manfaat bagi Anda!

Catatlah pemikiran dan reaksi Anda ketika membaca—secara harfiah.

Ini adalah kebiasaan yang saya pelajari dari kelas penyuntingan saya, tetapi mencatat pemikiran dan reaksi saya sangat membantu dalam menulis ulasan saya.

Sebagai book blogger, kita membaca banyak buku setiap bulannya, dan melakukan ini dapat membantu melacak apa yang Anda baca dan apa yang Anda pikirkan tentangnya ketika Anda pertama kali membacanya. Anda hanya dapat mengalami sebuah buku untuk pertama kalinya sekali, dan Anda hanya mendapatkan satu kesan pertama.

Saya cukup kuno dengan cara mencatat, jadi saya terutama menulis di sticky notes (saya selalu memiliki beberapa di sebelah tempat tidur saya, yang merupakan tempat membaca saya), tetapi saya tahu beberapa orang juga menggunakan Goodreads.

Saya juga memberi tanda pada saat membaca buku elektronik—ini membuat lebih mudah bagi saya untuk menemukan hal-hal yang menonjol, tema yang ingin saya bahas, dan kutipan yang saya sukai.

Buka akun Goodreads.

Saya telah memiliki akun Goodreads sejak sebelum saya mulai menjadi book blogger, dan itu selalu menjadi alat yang luar biasa untuk mengatur buku yang telah saya baca, sedang saya baca, dan ingin saya baca. Ini juga cara yang bagus untuk terhubung dengan book blogger dan reviewer lain di luar sana dan melihat apa pendapat mereka.

Jika belum, bergabunglah di Twitter.

Sebagian besar book blogger menggunakan Twitter saat ini, jadi ini adalah cara yang mudah dan cepat untuk bertanya, membahas buku, dan berinteraksi dengan komunitas. Jika Anda belum melakukannya, membuat akun Twitter berarti Anda sekarang memiliki saluran lain di mana Anda dapat bergembira (atau bergembira, atau bergembira) tentang buku dan segala hal yang berkaitan dengannya!

Bonus jika nama pengguna atau nama Twitter Anda sama (atau setidaknya mirip) dengan nama blog Anda—beberapa orang mungkin membuat koneksi itu dan mengikuti blog atau Twitter Anda setelah mereka mengikuti yang lain. 🙂

Jalin hubungan dengan blogger lain.

Halo yang pemalu. Saya telah online selama lebih dari satu dekade, saya telah bergabung dengan banyak komunitas dalam hidup saya, dan saya masih harus mengatakan ini: book blogger adalah sekelompok orang yang paling ramah yang pernah saya temui (secara virtual).

Namun, tidak cukup hanya berkeliaran dan berharap mereka berbicara dengan Anda—Anda juga harus menghubungi mereka.

Jangan malu. Sebutkan mereka dan sapa di Twitter. Tulis komentar yang tulus sebagai respons terhadap posting blog mereka, dan dengan tulus, maksud saya dengan pemikiran baik dan spesifik terhadap apa yang mereka tulis. Kita semua di sini karena kita mencintai buku dan kita suka berbicara tentang buku, jadi mari saling mendukung dan lakukan hal itu. Kita adalah sebuah komunitas, bagaimanapun.

Tidak perlu khawatir.

Ini lebih ke kebiasaan pribadi, tapi saya akan mencobanya: Saya selalu menjadi pribadi yang cukup tertutup ketika berbicara tentang pekerjaan pribadi saya, dan saya tahu banyak orang juga seperti itu. Tentu, saya dibayar untuk menulis untuk bisnis, tetapi saya jarang membagikan apa yang telah saya tulis atau buat untuk diri saya sendiri, dan ketika saya melakukannya, saya melakukannya secara anonim.

  • Pikiran saya biasanya penuh kekhawatiran dan berpikir seperti ini:
  • Tidak ada yang ingin tahu apa yang saya pikirkan.
  • Apa yang bisa saya katakan yang belum pernah dikatakan sebelumnya?
  • Saya tidak memiliki hal istimewa untuk ditawarkan.
  • Ada begitu banyak blog buku yang luar biasa di luar sana, 
  • Bagaimana saya bisa membandingkannya?

Jika seperti saya, Anda juga khawatir untuk membagikan karya Anda, ini adalah rahasia: Semakin lama, semakin mudah. Pada awalnya, Anda mungkin terobsesi dengan setiap komentar kecil, setiap klik kecil, setiap tampilan kecil, tetapi percayalah... Anda akan terbiasa dengan itu, dan segera Anda akan berhenti meragukan diri sendiri.

Satu tips jika Anda khawatir bahwa orang-orang tidak akan tertarik dengan apa yang Anda tulis: tanyakan pada diri sendiri, Apakah saya ingin tahu tentang ini? Jika saya melihat ini di umpan saya, apakah saya akan melihatnya? Jika jawabannya ya, kemungkinan ada orang di luar sana yang tertarik dengan apa yang ingin Anda katakan juga.

Bersenang-senang itu penting.

Saya sudah mengatakan ini dalam posting Bloggers Recognition Award saya dan akan mengatakannya lagi: ketika Anda blog untuk diri Anda sendiri (artinya tidak ada yang membayar Anda untuk melakukannya), yang terpenting adalah Anda bersenang-senang.

Saya yakin banyak orang dapat mengakui ini: blogging bisa membuat candu. Mudah terjebak dalam mendapatkan NetGalleys terbanyak, menerbitkan ulasan terbanyak, dan memiliki pengikut terbanyak, tetapi jika hanya itu yang Anda lakukan, Anda akan kehilangan semangat dengan cepat—yang membawa saya ke poin berikutnya...

Jeda itu baik.

Saya bekerja hampir 40 jam seminggu dan akhir-akhir ini, hari-hari saya sebagian besar terlihat seperti ini: bangun, bekerja, makan malam, bekerja lagi, tidur. Antara blogging di She Latitude dan beberapa pekerjaan lepasan, saya hampir tidak punya waktu untuk bersantai.

Sekarang, sebenarnya saya adalah salah satu orang aneh yang suka sibuk dan bete jika tidak ada proyek yang sedang berjalan, tetapi bahkan saya tahu bahwa jeda itu adalah hal yang baik, dan Anda harus benar-benar mengambil waktu istirahat ketika Anda merasa dunia runtuh di sekeliling Anda. Bahkan lebih baik jika Anda melakukannya sebelum Anda merasa seperti itu, hanya untuk berjaga-jaga.

Blogging adalah satu hal, tetapi bukan segalanya. Ini sama sekali tidak lebih penting daripada a) kesehatan dan kebahagiaan Anda, b) sekolah, universitas, atau pekerjaan, dan c) hubungan Anda. Itu seharusnya tidak menjadi sumber stres, kecemasan, atau sesuatu yang membuat Anda kehilangan tidur.

Jika Anda merasa sulit untuk duduk dan membaca, memikirkan ide-ide baru, atau menulis posting, beristirahatlah—baik itu satu hari, satu minggu, satu bulan, atau bahkan lebih dari itu. Tulis posting istirahat jika Anda merasa perlu. Tonton televisi. Lari. Memanggang kue. Dan kemudian buatlah rencana untuk kembali, dan kembali dengan lebih kuat. Siapa tahu? Mungkin jeda itu yang membawa Anda menuju suatu terobosan.

Apa pelajaran blogging penting lainnya yang saya lewatkan? Beri tahu saya dalam komentar, atau beri tautan ke Top Ten Tuesday Anda minggu ini! Saya ingin melihatnya. ❤

Baca juga :